Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka (Poli Gigi) Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.33096/smj.v4i01.67Keywords:
kualitas, dimensi, kepuasan, pasienAbstract
Latar belakang: Kepuasan pasien mengacu pada kesenangan atau kepuasan dengan tindakan yang diterima, peristiwa atau layanan, terutama ekspektasi yang sebelumnya diharapkan. Masalah mengenai kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien mempengaruhi kelemahan dan kekuatan pada pusat pelayanan kesehatan salah satunya kesehatan gigi dan mulut. Kualitas pelayanan kesehatan dapat diukur dari 5 dimensi yakni tangibles (penampilan fisik), responsiveness (cepat tanggap), reability (kehandalan), empathy (empati), serta assurance (jaminan) Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh tingkat kualitas pelayanan perawatan gigi terhadap tingkat kepuasan pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka Tahun 2021. Metode: Observational dengan rancangan cross sectional study. Hasil: Sampel penelitian ini adalah 53 pasien yan melakukan perawatan gigi selama masa pandemi covid-19 di Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka tahun 2021 yang diambil menggunakan kuesioner dan data sekunder . Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dilihat dari dimensi tampilan fisik (tangible) dengan nilai 0,004 < 0,05, dilihat dari dimensi cepat tanggap (responsiveness) dengan nilai 0,009 < 0,005, sedangkan dilihat dari dimensi kehandalan (reability), dimensi jaminan (assurance) dan dimensi empati (emphaty) memiliki nilai signifikan yang sama 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perawatan gigi di masa pandemi covid-19 terhadap tingkat kepuasan pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka (poli gigi) tahun 2021, dilihat dari dimensi tampilan fisik (tangible), dimensi cepat tanggap (responsiveness), dimensi kehandalan (reability), dimensi jaminan (assurance) dan dimensi empati (emphaty).