Perbedaan Pengetahuan Kesehatan Gigi Mulut Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Flipchart Dan Permainan Ular Tangga

Authors

  • Mila Febriany Fakultas Kedokteran Gigi UMI
  • Kurniaty Pamewa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Fadil Abdillah Arifin Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Fadhillah Oemar Mattalitti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Sarah Zaitun Hanaanin Wijaya Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/smj.v3i02.7

Keywords:

Pengetahuan*, Ulartangga*, Flipchart*, Kesehatangigimulut*

Abstract

Latar belakang : Pendidikan kesehatan gigi dan mulut harus diperkenalkan kepada anak sedini mungkin agar mereka dapat mengetahui cara memelihara kesehatan gigi dan mulut secara baik dan benar. Flipchart merupakan salah satu alat bantu pendidikan yang sangat sederhana dan cukup efektif untuk digunakan dalam menyampaikan informasi. Ular tangga merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan : Untuk mengetahui bagaimana perbandingan efektivitas metode edukasi dengan permainan ular tangga dan flipchart terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak kelas 3, 4 dan 5 di SDN Sambung Jawa Makassar.Metode penelitian : Penelitian ini bersifat eksperimental semu menggunakan metode purposive sampling . Jumlah sampel yang di gunakan adalah 124 orang dengan rentang usia anak 7-9 tahun. Uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann- Withney. Hasil : Perbedaan nilai rata-rata pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada media edukasi flipchart  adalah 1,500 dan  media edukasi permainan ular tangga adalah 1,661 dengan p-value 0,143 (p<0,05). Kesimpulan: Media edukasi flipchart dan media edukasi permainan ular memiliki efektivitas yang sama terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut.

Downloads

Published

2022-04-29

Issue

Section

Original Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>