Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas II Denpasar Barat
DOI:
https://doi.org/10.33096/smj.v5i02.121Keywords:
Mutu, Kepuasan Pasien, BPJS, PuskesmasAbstract
Pendahuluan: Kepuasan pasien adalah aspek penting untuk melihat mutu pelayanan kesehatan yang diberikan. Mutu pelayanan kesehatan dapat dilihat dari 5 aspek dimensi yang disebut TERRA yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance yang dapat diukur berdasarkan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat mutu pelayanan dan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas II Denpasar Barat serta untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut Puskesmas II Denpasar Barat. Bahan dan Metode: Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Sampel penelitian ini adalah pengunjung Puskesmas II Denpasar Barat yang sesuai dengan kriteria inklusi sebanyak 131 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut masuk dalam kategori baik dan kepuasan pasien BPJS dalam kategori puas namun dengan beberapa koreksi mengenai pelayanan yang didapatkan dari wawancara mendalam responden yang telah mengisi kuesioner. Uji korelasi antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien BPJS didapatkan hasil bahwa kedua variabel tersebut signifikan berhubungan. Kesimpulan: Penelitian menunjukkan bahwa didapatkan seluruh pasien menilai mutu pelayanan kesehatan dalam kategori baik dan kepuasan pasien BPJS dalam kategori puas, serta didapatkan hubungan signifikan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas II Denpasar Barat.Downloads
Published
2023-11-14
Issue
Section
Original Articles