Pengaruh Perawatan Ortodonti Cekat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Praja Rinra Care
DOI:
https://doi.org/10.33096/smj.v4i02.80Keywords:
Ortodonti cekat, Kepuasan, Pasien, Profil wajahAbstract
Pendahuluan: Maloklusi berada pada peringkat ketiga setelah penyakit periodontal dan karies gigi. Maloklusi didefinisikan sebagai suatu kondisi yang menyimpang dari oklusi normal atau suatu kondisi yang menyimpang dari relasi normal suatu gigi terhadap gigi yang lainnya. Tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya usia. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh usia, jenis kelamin, lama perawatan dan profil wajah terhadap kepuasan pasien ortodonti cekat di Klinik Praja Rinra Care. Bahan dan Metode: Metode yang diguanakan adalah observasional analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil: Hasil uji chi menunjukkan adanya pengaruh usia, jenis kelamin, lama kunjungan, terhadap tingkat kepuasan pasien ortodonti cekat di Klinik Praja Rinra Care, sedangkan profil wajah tidak berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di klinik Praja Rinra Care. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh usia, jenis kelamin, lama kunjungan, terhadap tingkat kepuasan pasien ortodonti cekat di Klinik Praja Rinra Care, sedangkan profil wajah tidak berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di klinik Praja Rinra Care.