Implementasi Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Winda Sari Darmawan Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahmah https://orcid.org/0009-0009-6417-4097
  • Satria Yandi Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahmah
  • Leny Sang Surya Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahmah

DOI:

https://doi.org/10.33096/smj.v7i02.198

Keywords:

permainan ular tangga, media edukasi, pengetahuan, menyikat gigi, anak-anak

Abstract

Pendahuluan: Setiap tahun, jumlah masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia meningkat, terutama karena praktik kebersihan gigi yang buruk. Menggunakan teknik yang tepat saat menyikat gigi adalah cara yang baik untuk meningkatkan kebersihan gigi. Tujuan Penelitian: Melalui penggunaan permainan ular tangga yang dimodifikasi, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Padang tentang teknik menyikat gigi yang benar. Bahan dan Metode: Purposive sampling digunakan untuk memilih 21 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini, dengan desain pre-test post-test satu kelompok. Kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi media yang melibatkan permainan ular tangga digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil: Berdasarkan temuan, sebagian besar siswa (71,4%) memiliki pengetahuan yang cukup sebelum intervensi, tetapi jumlah ini meningkat secara signifikan setelah intervensi, dengan 85,7% siswa memiliki pemahaman yang baik. Peningkatan pengetahuan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) yang diperoleh dari analisis statistik dengan menggunakan uji Marginal Homogeneity. Kesimpulan: Hasil ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga merupakan cara yang baik untuk membantu anak-anak belajar cara mencuci gigi dengan benar.

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Original Articles