Efektivitas Poster Bergerak pada WhatsApp dalam Meningkatkan Kesehatan Gigi Siswa SDN 1 Talangsaronggi Sumenep

Authors

  • Moh. Khafid Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Pencegahan, Fakultas Kedokteran Gigi, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Indonesia
  • Nurul Salsabila Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Pencegahan, Fakultas Kedokteran Gigi, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/smj.v6i02.150

Keywords:

Poster bergerak, whatsapp, oral hygiene, pengetahuan , penyuluhan

Abstract

Pendahuluan: Salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesehatan anak usia sekolah adalah dengan indikator kesehatan baik gigi maupun mulut. Konseling dental atau penyuluhan dental merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan baik gigi maupun mulut pada anak. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penyuluhan menggunakan poster bergeraksecara daring melalui aplikasi media sosial whatsapp terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut serta penurunan skor Oral Hygiene Index-Simplified atau OHI-S pada anak usia Sekolah Dasar. Bahan dan Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy-experiment dengan desain penelitian pre-test post-test (pretest dilakukan sebelum responden diberi penyuluhan dan post-test dilakukan sesudah responden diberi penyuluhan yang berupa pertanyaan pilihan ganda dan pemeriksaan skor OHI-S). Penilaian pre-test post-test menggunakan skala ordinal dengan kategori kurang, cukup, dan baik. Populasi penelitian merupakan siswa SD Negeri 1 Talang Saronggi Sumenep dengan jumlah 88 siswa dengan pengambilan sampel random sampling. Hasil: Berdasarkan hasil uji non parametrik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil nilai pre-test dan nilai post-test (p-value < 0,05). Kesimpulan: Hasil dari penelitian ini, poster bergerak pada aplikasi media sosial whatsapp efektif dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut pada siswa.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Original Articles